Penderita Penyakit Jantung Sebaiknya Hindari Ini

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan di dunia. Kebanyakan penderita penyakit ini bisa saja meninggal secara mendadak karena jantung tidak bisa memompa darah dan oksigen seperti biasa sehingga menyebabkan kematian. Saat ini, para penderita penyakit jantung bisa merasa sedikit lega karena ada beberapa cara pengobatan untuk penyakit jantung baik secara medis maupun alternatif. Di samping itu, resiko meninggal dunia secara mendadak juga bisa diminimalisir dengan menjalankan pengobatan secara rutin dan menghindari hal-hal di bawah ini:

rokok-dan-miras

Merokok dan minum minuman beralkohol

Pada kemasan rokok tertera jelas bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit di mana salah satunya adalah penyakit jantung. Dengan pemberitahuan ini, tentu para penderita penyakit jantung seharus tahu dan sadar bahwa merokok bukanlah hal yang baik untuk kesehatan mereka. Apabila mereka memaksakan diri untuk tetap merokok, kesehatan jantung mereka akan semakin memburuk dan mereka bisa saja terserang jantungan mendadak cepat atau lambat. Di sisi lain, minum minuman beralkohol juga merupakan hal yang tidak baik. Mengapa demikian? Alkohol mengandung racun yang tidak hanya bisa membuat orang hilang kesadaran diri tapi juga berdampak buruk bagi kesehatan organ tubuh, termasuk jantung. Memang dampak dari kedua kebiasaan buruk ini tidak langsung terjadi secara instan tapi terjadi secara bertahap karena racun secara perlahan menggerogoti jantung dan pada akhirnya jantung tidak dapat lagi difungsikan seperti sedia kala.

Apabila kedua kebiasaan ini sulit untuk ditinggalkan, pertimbangkan untuk mengambil program rehabilitasi agar kebiasaan buruk ini bisa segera dilupakan dan kehidupan bisa kembali jauh lebih baik.

begadang-euy

Begadang

Mungkin hal ini terbilang tidak ada sangkut pautnya dengan penyakit jantung. Namun, perlu disadari bahwa begadang membuat tubuh harus bekerja ekstra untuk mendukung semua aktivitas yang dilakukan. Padahal, tubuh membutuhkan waktu yang cukup (8 jam per hari) untuk diistirahatkan. Dengan kondisi tubuh yang masih terus bekerja di malam hari, daya tahan tubuh akan menurun sehingga berdampak buruk bagi kesehatan organ tubuh, termasuk jantung. Jantung yang bekerja ekstra akan mengalami kerusakan cepat atau lambat di mana pembuluh darah yang mengalirkan darah dan oksigen dari dan ke jantung akan mengalami penyumbatan. Adanya permasalahan ini, jantung akan kesulitan untuk bekerja sehingga bisa saja berhenti berdetak secara tiba-tiba. Bisa dipastikan, ketik ahal ini terjadi, penderita penyakit jantung akan kehilangan kesadaran dan bisa saja meninggal dunia.

terkejut

Mendengarkan sesuatu yang mengagetkan atau membuat stres

Hal ini tampak sepele dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Namun, pernahkah melihat orang-orang yang tiba-tiba memegangi dadanya setelah mendengar sesuatu yang keras atau sesuatu yang membuatnya stres dan terkejut? Jika iya, hal inilah yang juga akan terjadi pada penderita penyakit jantung apabila merasa kaget atau stres secara mendadak. Hal ini dikarenakan oleh detak jantung yang tiba-tiba meningkat dengan cepat sehingga jantung gagal memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh dengan maksimal. Dengan kondisi ini, bisa dipastikan penderita akan langsung pingsan dan bisa juga meninggal dunia. Hal inilah juga yang membuat keluarga penderita tidak akan menyampaikan hal-hal yang mengagetkan kepada penderita meskipun hal tersebut penting. Mereka takut jika penderita mendengar hal tersebut, dia akan langsung pingsan dan mengalami gangguan jantung.

Di samping itu, sangat disarankan juga untuk tidak mengkonsumsi daging merah selama proses penyembuhan. Pilih makanan yang baik untuk kesehatan jantung saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *